Lompat ke isi utama

Berita

1 Tahun Menuju Pemilu 2024, Bawaslu Batu Bara Apel Siaga Pengawasan

Lima Puluh_Bawaslu Batu Bara- Bawaslu Kabupaten Batu Bara ikut melaksanakan Apel Siaga Pengawasan menuju satu tahun Pemilu 2024 yang secara serentak dilaksanakan oleh jajaran Bawaslu di seluruh Indonesia pada 14 Februari 2023. Apel siaga pengawasan ini dilakukan di halaman Kantor Bawaslu Batu Bara di Sumber Padi Limapupuh Batu Bara bersama Ketua, Anggota dan Koordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara serta Panwas Kelurahan Desa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara Ade Sutoyo, SP Anggota Bawaslu Batu Bara Allen Sitohang, S.Si.,S.H dan Abdillah, S.Pd.I serta Sekretariat Bawaslu Kabupaten Batu Bara juga turut mengikuti jalannya Apel Siaga Pengawasan ini.

Bawaslu Batubara Apel Siaga Pengawasan menuju satu tahun Pemilu 2024

Ade Sutoyo yang bertindak sebagai pembina apel dalam sambutannya menyampaikan bahwa Apel Siaga Pengawasana1 tahun menuju Pemilu 2024 ini merupakan bentuk kesiapan Bawaslu mengawasi tahapan Pemilu 2024.
" Oleh karena itu mari kita wujudkan Pemilu yang damai tanpa berita hoax, politisasi sara, politik uang, dan ujaran kebencian", kata Ade dihadapan peserta apel.

Foto bersama seluruh jajaran Bawaslu Kab. Batubara, Panwascam dan Sekretariat serta juga perwakilan dari PKD se-Kabupaten Batubara.

Allen Sitohang yang juga Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H) Bawaslu Batu Bara ini mengimbau jajaran pengawas untuk bekerja sungguh-sungguh.
"Satu tahun jelang Pemilu 2024, kita harus memegang teguh prinsip-prinsip penyelenggara pemilu, kita harus bekerja solid dan tetap mengutamakan koordinasi serta bekerja sungguh-sungguh," ujarnya.

Senada, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Proses Abdillah menegaskan agar pengawas memahami regulasi.
"Tugas kita sangat berat, kalau kita tidak memahami regulasi yang ada, bagaimana kita bisa melakukan tugas kita dengan baik," tegasnya.

Rangkaian apel siaga pengawasan ini juga diisi dengan peluncuran komunitas digital pengawas partisipatif "Jarimu Awasi Pemilu", Posko Kawal Hak Pilih dan Deklarasi Pemilu Damai Berintegritas.

Ketua Bawaslu Batubara menyebarkan brosur yang berisi ajakan kepada masyarakat  anti berita hoax, politisasi sara, politik uang, dan ujaran kebencian.

Komunitas digital pengawasan partisipatif "Jarimu Awasi Pemilu" sebagai pertukaran informasi, edukasi dan literasi digital pengawasan pemilu dan respon cepat terhadap disinformasi isu-isu pemilu serta tindak lanjut aduan konten disinformasi yang dapat diakses pada laman https//jarimuawasipemilu.bawaslu.go.id.

Abdillah, S.Pd.I Anggota Bawaslu Batubara menyebarkan brosur yang berisi ajakan kepada masyarakat  anti berita hoax, politisasi sara, politik uang, dan ujaran kebencian.

Sementara Posko Kawal Hak Pilih merupakan sarana bagi masyarakat untuk melaporkan jika terdapat atau menemukan adanya dugaan pelanggaran pada daftar pemilih.

Dalam apel siaga pengawasan ini juga dilakukan Deklarasi Pemilu Damai Berintegritas yang mengajak semua elemen bangsa untuk mewujdukan pemilu yang langsung, umum, bebas,rahasia, jujur dan adil, serta berkomitmen mendukung pemilu yang aman, tertib, damai dan berintegritas tanpa hoax, ujaran kebencian, politisasi sara dan politik uang.

Allen Sitohang, S.Si.,S.H Anggota Bawaslu Batubara menyebarkan brosur yang berisi ajakan kepada masyarakat  anti berita hoax, politisasi sara, politik uang, dan ujaran kebencian.

Selesai Apel Siaga seluruh peserta apel turun bersama-sama ke jalan menyebarkan brosur yang berisi ajakan kepada masyarakat  anti berita hoax, politisasi sara, politik uang, dan ujaran kebencian.
Brosur ini dibagi-bagikan kepada seluruh pengguna jalan yang melintas.

  • Penulis : Hari Pramana
  • Editor : Wianu
  • Foto : Humas Bawaslu Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita