Lompat ke isi utama

Berita

Bangun Sinergitas dan Kolaborasi, Bawaslu Batu Bara Kunjungi Kodim 0208 Asahan

Kisaran_Bawaslu Batu Bara – Dalam rangka membangun siinergitas dan kolaborasi pada pelaksanaan pemilihan tahun 2024, Bawaslu Batu Bara berkunjung ke Kodim 0208 Asahan di Kisaran pada Selasa (4/4/2023). Rombongan Bawaslu Batu Bara yang terdiri dari Anggota Bawaslu Batu Bara Allen Sitohang didampingi Koordinator Sekretariat Suryanti Lubis dan beberapa staf sekretariat diterima langsung oleh Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Franki Susanto didampingi oleh Kasi Intel 0208 Asahan Kapten Kav. Basri Lubis dan Kasdim 0208 Asahan Mayor Inf Makmur Siahaan.

Allen Sitohang yang juga Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Batu Bara menyampaikan bahwa sinergitas dan kolaborasi antara Bawaslu dan  Kodim 0208 Asahan sangat diperlukan dalam pemilihan 2024.
“Ini adalah silaturahmi pertama Bawaslu Batu Bara dengan Kodim 0208 Asahan dan kedepan kiranya ada sinergitas yang baik antara Bawaslu dengan Kodim 0208 Asahan demi pelaksanaan pemilihan di Batu Bara agar berjalan sukses," katanya.

Terkait dengan keberadaan Bawaslu Batu Bara dan jajarannya, Alumni Hukum Univesitas Darma Agung ini menjelaskan bahwa Bawaslu telah selesai melakukan rekrutmen pengawas ad hoc.

"Pengawas Pemilu telah terbentuk  di tingkat kecamatan, kelurahan/desa dan nanti menjelang pemungutan suara akan dibentuk Pengawas TPS, oleh karena itu tentu posisi pengawas ini rentan akan ancaman dan intimidasi dari mana saja, jadi harapan kami ada bantuan pengawalan dari Kodim 0208 Asahan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku," katanya.

Lebih lanjut, Allen menjelaskan terkait pengawasan tahapan pemilihan 2024.

"Bahwa saat ini sedang berlangsung tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar Pemilih pemilu 2024, kami berharap ada penyempurnaan yang baik terhadap daftar pemilih dari Dandim, untuk mencegah adanya anggota TNI  masuk ke dalam daftar pemilih dan memastikan bahwa anggota TNI yang sudah purna tugas mendapatkan hak pilihnya,” katanya.

Sementara itu Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Batu Bara Suryanti Lubis mengharapkan bahwa kolaborasi dan sinergitas Bawaslu dan Kodim 0208 Asahan menciptakan pemilihan yang aman di Batu Bara.

"Kita semua berharap pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Batu Bara berjalan dengan baik dan aman, bahwa hal itu tercapai tidak dapat hanya dilakukan oleh Bawaslu sendiri tetapi berkat dukungan dan kerjasama antar lembaga," katanya.

Menanggapi hal-hal yang disampaikan Bawaslu Kabupaten Batu Bara, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Franki Susanto mengatakan siap bersinergi bersama Bawaslu Batu Bara dan menyambut baik kunjungan Bawaslu Batu Bara.

"Prinsipnya, Kodim 0208 Asahan siap bersinergi dan membantu tugas pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu, karena selain pengamanan bencana alam dan terorisme, TNI juga membantu pengamanan dalam pelaksanaan Pemilu. Kami punya peta daerah rawan yang mana merah dan mana yang hijau," katanya.

Franki juga menambahkan bahwa sinergitas Bawaslu dan Kodim 0208 Asahan akan dilakukan secara teknis dilapangan.
"Jika butuh pengawalan khusus, silahkan disampaikan, kami akan mengirimkan personil. Terkait dengan data Anggota TNI yang purna tugas ataupun yang masih aktif kedepan kita memberi data untuk dapat dicek juga status mereka apakah ada yg sudah purna tugas namun belum terdaftar dalam daftar pemilih, atau ada yg masih aktif namun terlibat dalam politik praktis," tegasnya.

Penulis : Lentina
Editor : Wianu
Foto : Charles

Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita