Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Batu Bara dan PJS Berkolaborasi Awasi Pemilu 2024

Limapuluh_Bawaslu Batubara-Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perhelatan akbar Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Batu Bara  bersilaturahmi dengan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) kabupaten Batu Bara pada Jumat (3/2/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara Ade Sutoyo menjelaskan bahwa tujuan  silaturahmi Bawaslu dengan PJS adalah untuk mengajak PJS dapat berperan dalam pengawasan pemiluan 2024.

"Bawaslu Batu Bara hadir di Markas PJS Batu Bara ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan juga sebagai kolaborasi yang nantinya diharapkan dapat membantu Bawaslu Kabupaten Batu Bara dalam mengawasi Pemilu 2024," terang Ade Sutoyo.

Audiensi Bawaslu Kabupaten Batu Bara bersama pengururs PJS Batu Bara

Dalam kesempatan ini, Ade menambahkan Bawaslu Kabupaten Batu Bara senantiasa terbuka apabila ada warga atau masyarakat Kabupaten Batu Bara yang ingin melapor tentang dugaan pelanggaran Pemilu.

"Bawaslu Batu Bara itu terbuka, untuk penanganan pelanggaran itu sudah diatur dalam UU Pemilu yang kemudian dirincikan dengan jelas dalam Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilihan Umum, jadi kalau ada masyarakat atau warga Kabupaten Batu Bara yang ingin melapor tentang dugaan pelanggaran Pemilu, masyarakat atau warga tersebut bisa menyampaikannya melalui linsan yang kemudian nantinya bisa dalakukan proses penyelidikan oleh Bawaslu Kabupaten Batu Bara tentang kebenaran atau keaktualan informasi tersebut, ataupun warga atau masyarakat tersebut datang langsung ke Bawaslu Kabupaten Batu Bara untuk membuat laporan secara tertulis dengan memperhatikan waktu dan juga kelengkapan berkas dalam sebuah laporan", tegasnya.

Anggota Bawaslu Batubara Kordiv. (HP2H)
Allen Sitohang, S.Si.,S.H

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisifasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Bawaslu Kabupaten Batu Bara, Allen Sitohang menjelaskan bahwa Bawaslu Batubara terbuka bagi semua masyarakat jika ingin melaporkan adanya dugaan pelanggaran.
"Masyarakat dapat datang ke Kantor Bawaslu atau menghubungi kami melalui telepon," Tegas Allen.

Ketua PJS Kabupaten Batubara
Drs. Ebson A Pasaribu

Ketua PJS Kabupaten Batu Bara Drs.Ebson A Pasaribu yang hadir bersama Sekretaris Supriadi, Bendahara Fajar Agus Susuli menyambut baik kunjungan Bawaslu Batu Bara.
"Pada prinsipnya PJS mendukung upaya dan langkah-langkah yang dilakukan Bawaslu Batu Bara dalam tugas pengawasan dan melibatkan masyarakat dalam pengawasan partisipatif, sehingga pelaksanaan Pemilihan di Batu Bara berjalan damai dan lancar," ujarnya.

Foto Bawaslu Kabupaten Batu Bara bersama pengururs PJS Batu Bara, Jumat (03/02/2023)

Pasaribu menambahkan bahwa jika pemilu lancar maka akan terpilih pemimpin yang amanah dan berkualitas.
"Oleh karenanya, PJS dan Bawaslu siap berkolaborasi," pungkasnya.

  • Penulis : Hari Pramana
  • Editor : Wianu
  • Foto : Humas Bawaslu Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita