Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Batu Bara Ingatkan Jajaran Lakukan Pengawasan Maksimal

Limapuluh-Bawaslu Batubara-Anggota Bawaslu Batubara Allen Sitohang melakukan monitoring dan supervisi ke ke Panwaslu Kecamatan Air Putih pada Rabu (1/3/2023) untuk memastikan kesiapan Pengawas Lurah/Desa (PKD) melakukan tugas pengawasan di setiap tahapan pemilu terkhusus tahapan pencoklitan yang sedang berjalan dan tahapan Verifikasi Faktual DPD kesatu yang sudah terlaksana.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Batu Bara ini menghimbau para PKD memastikan data pemilih.
"Seperti data meninggal dunia,pensiunan anggota TNI/Polri maupun data yang baru masuk anggota TNI/Polri di Kecamatan Air Putih," tambah Allen.

Allen Sitohang melakukan monitoring dan Supervisi ke ke Panwaslu Kecamatan Air Putih

Allen juga mengungkapkan  bahwa  warga yang sudah dilakukan pencoklitan akan menjadi data untuk penyusunan daftar pemilih sementara (DPS)

"Oleh karena itu kesiapan PKD harus benar-benar memahami regulasi yang ada,"tegasnya.

Pada montoring ini, dilakukan diskusi dengan Panwascam dan PKD se Kecamatan Air Putih. Beberapa permasalahan dan kendala yang dihadapi dilapangan oleh PKD seperti pemilih pemula yang belum memiliki KTP, warga yang tidak mau memberikan data KTP dan kartu keluarga untuk dicoklit disebabkan tidak pernah mendapatkan kontribusi bantuan dari pemerintah.

Suprianto selaku Anggota Panwascam Kecamatan Air Putih menjelaskan ada 17 desa dan 2 kelurahan yang menjadi objek pengawasan.
" Ditahap pencoklitan ini semaksimal mungkin kami memastikan data pemilih di 183 TPS Kecamatan Air Putih dapat terlayani dengan baik," Ujarnya.

Suprianto juga mengatakan kesiapan Panwascam dan PKD se-Kecamatan Air Putih dalam melakukan pengawasan.

"Ditahapan-tahapan selanjutnya dengan harapan dan semangat dari para PKD akan meningkatkan pengawasan ditingkat Desa/lurah, hubungan dan solidaritas tetap terjaga dengan rasa kekeluargaan," Pungkasnya.

  • Penulis : Manat Sitohang
  • Editor : Wianu
  • Foto     : Humas Bawaslu Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita