Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Batu Bara Rapat Persiapan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Panwascam

Limapuluh-Bawaslu Batu Bara- Dalam rangka persiapan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan Panwas Kecamatan (Panwascam) bulan Januari dan Februari 2023, Bawaslu Batu Bara menggelar rapat bersama Kepala Sekretariat dan Staf Pengelola Keuangan (SPK) Panwascam se-Kabupaten Batu Bara di Kantor Sekretariat Bawaslu Batu Bara di Sumber Padi Lima Puluh Batu Bara pada Kamis (9/3/2023).

Ketua Bawaslu Batu Bara Ade Sutoyo yang membuka rapat mengatakan bahwa Sekretariat Panwascam harus memberikan dukungan yang maksimal kepada Panwascam dalam melakukan tugas pengawasan.
"Kedepankan profesionalitas, transparansi dalam mengelola keuangan, tidak usah sembunyi-sembunyi namun semua harus melalui komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Panwascam, yang namanya menyangkut keuangan sangatlah rawan. Dinamika harus dinamis secara aktual dan akuntabilitas" tegas Sutoyo.

Ade Sutoyo Ketua Bawaslu Batubara Koordinator Divisi Organisasi dan SDM.

Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Batu Bara ini menambahkan bahwa dalam pengelolaan keuangan harus sesuai aturan.
"Bapak/Ibu harus hati-hati dalam pengelolaan keuangan, jangan sampe diakhir nanti kita semua berhadapan dengan aparat penegak hukum karena ketidakhati-hatian kita," ungkapnya.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Batu Bara Suryanti Lubis menyampaikan bahwa sekretariat harus membuat pertanggungjawaban atas penggunaan anggaran di kecamatan.
"Kasek dan SPK harus menyusun pertanggungjawaban bulan Januari dan Februari 2023 yang akuntabel dan sesuai aturan. SPJ agar dilengkapi dengan bukti-bukti  pengeluaran riil, juga menyangkut hak-hak PKD," kata mantan Plt.Kepala Sekretariat Bawaslu Nias Selatan ini.

Suryanti lebih lanjut menjelaskan bahwa fasilitasi panwascam harus dilakukan sesuai aturan.
"Fungsi sekretariat untuk memfasilitasi hak-hak Panwascam maupun anggaran yang mendukung tugas pengawasan jangan sampai terkendala. Tetap mengutamakan koordinasi, bertanggungjawab atas penggunaan anggaran sekecil apapun itu dan pergunakan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam POK," pungkasnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan diskusi terkait kendala kesekretariatan dan pendampingan penyusunan SPJ oleh Tim Keuangan Bawaslu Batu Bara.

  • Penulis : Lentina
  • Editor : Wianu
  • Foto : Humas Bawaslu Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita