Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Batubara Berkomitmen Tingkatkan Pengawasan Partisipatif Bersama Pengurus Daerah Al-Jam'iyatul Washliyah Batubara

Limapuluh_Bawaslu Batu- Anggota Bawaslu Batubara Allen Sihotang dan Abdillah berkunjung ke Kantor Pengurus Daerah Al-Washliyah  Batubara yang di Jln.Muhammad Saleh Agung No. 104 Kedaisianam Desa Guntung Kecamatan Lima Puluh Pesisir pada Kamis (2/3/2023).

Tujuan kunjungan ini mengajak Pengurus Daerah Al-Washliyah  Batubara ikut serta mensukseskan pesta demokrasi 2024 melalui pengawasan partisipatif.

Allen Sitohang selaku Anggota Bawaslu Batubara mengharapkan terjalinnya kerjasama yang baik dengan Stakeholder yang ada di Batubara terutama organisasi Al-Washliyah  yang sudah dipercaya masyarakat Batubara sebagai organisasi yang memberikan kontribusi moral yang positif kepada masyarakat Batubara.

"Ini menjadi bentuk keseriusan kami untuk meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat demi mensukseskan pemilu 2024 dengan melibatkan para Stakeholder dan Pengurus-pengurus organisasi yang ada di Batubara," Ungkap Koodinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Batu Bara ini.

Allen juga menambahkan bahwa sesuai undang-undang No. 7 tahun 2017 tentang pemilu ada 3 lembaga negara sebagai Penyelenggaraan pemilu dan Pemilihan yang diberi amanah untuk mewujudkan Secara Demokrasi.

" Tiga lembaga tersebut yaitu KPU sebagai pelaksana teknis pemilu, Bawaslu sebagai lembaga pengawasan pemilu, dan Dewan Kehormatan penyelenggara Pemilu (DKPP) sebagai lembaga kode etik pemilu,"ucapnya.

Anggota Bawaslu Batubara Abdillah menyatakan dengan peran dan keterlibatan langsung organisasi Al-Washliyah dapat membantu peran kami sebagai lembaga pengawasan pemilu, dimana ada 3 orang Komisioner ditingkatkan Kabupaten maupun ditingkatkan jajaran panwaslu kecamatan.

"Dengan jumlah kuantitatif SDM tidaklah memungkinkan bila tidak ada keterlibatan langsung para Stakeholder yang ada di Kabupaten Batubara untuk mensukseskan pengawasan pemilu, oleh karenanya perlu keikutsertaan para Stakeholder terkhusus nya organisasi Al-Washliyah  Batubara mensukseskan pengawasan pemilu," Ungkapnya.

Sementara itu Ketua Al Jam'iyatul Wasliyah Ustad H.Al Asari,S.Ag,M.Si mengapresiasi program pengawasan partisipatif yang dilakukan Bawaslu Batu Bara dengan melibatkan Al Wasliyah.

"Al-Wasliyah ini merupakan organisasi besar di Sumut yang memiliki puluhan ribu kader yang tersebar dimana-mana. Ada juga organisasi dan yayasan yang bernaung dibawah Al Aswasliyah yaitu HIMMAH, Muslimat Al-Wasliyah, Ikatan Pelajar Al Wasliyah, Gerakan Pemuda Al Wasliyah," ungkapnya.

Ustas Al Ashari menambahkan bahwa langkah Bawaslu Batu Bara mengajak Al Wasliyah sangat tepat.
" Ini merupakan strategi yang baik untuk menyampaikan hal positif terkait pemilu ke masyarakat. Kami memiliki pengurus cabang di 12 kecamatan di Batu Bara," pungkasnya.

  • Penulis : Manat Sitohang
  • Editor : Wianu
  • Foto : Humas Bawaslu Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita