Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu dan PC NU Batubara Siap Kerjasama Tingkatkan Pengawasan Partisipatif

Limapuluh_Bawaslu Batu Bara-
Anggota Bawaslu Batu Bara Allen Sitohang berkunjung ke kantor PC NU Batubara di Jalan Perintis Kemerdekaan Desa Empat Negeri Dusun I Kecamatan Datuk Limapuluh pada Kamis (23/2/2023). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka silaturahmi dan mengajak PC NU Batu Bara dalam meningkatkan partisipasi masyarakat Batubara dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Allen yang hadir didampingi Staf Sekretariat Bawaslu Batu Bara disambut baik oleh pengurus PC NU Batubara dan pengurus lainnya dibawah naungan organisasi NU seperti Muslimat NU, Banom NU, MWC NU Kecamatan dan Keluarga Besar NU.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H) Bawaslu Batu Bara ini menjelaskan pentingnya keterlibatan organisasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu.
" Peran serta dan keterlibatan masyarakat dan stakeholder lainnya turut mensukseskan pesta demokrasi yang melahirkan pemimpin bangsa Indonesia yang mampu mewujudkan cita-cita Bangsa dan mewujudkan pemimpin Kabupaten Batubara yang mampu mewujudkan cita-cita dan kebutuhan masyarakat Batubara,"katanya.

Lebih lanjut Allen menjelaskan tahapan pemilu 2024 sudah dimulai dan Bawaslu sebagai pengawas pemilu sangat mengharapkan peran serta NU Batu Bara untuk bersama-sama melakukan pengawasan partisipatif.

"Saat ini tahapan pemutakhiran data pemilih dan verifikasi faktual bakal calon DPD kesatu sedang berlangsung. Tujuan dilakukan pemutakhiran data pemilih memastikan data tersebut mempunyai keabsahan sebagai pemilih, dan tujuan dilakukan verifikasi faktual Bakal calon DPD kesatu memastikan jumlah data  dukungan calon memenuhi syarat sebagai data pendukung," jelasnya.

Allen mengharapkan dengan adanya kerjasama Bawaslu Batubara dan Organisasi NU berharap pelaksanaan pesta demokrasi berjalan lancar dengan tujuan menghasilkan pemimpin Batubara sesuai yang diharapkan.

Ketua PC NU Batubara H. Baktiar Mogaza mengapresiasi kunjungan Bawaslu Batu Bara ke Kantor PC NU Batu Bara.
"Dengan kunjungan ini akan ada komitmen bersama untuk melakukan pengawasan partisipatif, dan pada prinsipnya program Bawaslu Batu Bara terkait dengan peningkatan pengawasan partisipatif akan kita dukung," katanya.

Baktiar Mogaza juga menjelaskan bahwa dilaksanakannya pesta demokrasi untuk mewujudkan Sila 4 Pancasila.
"Ada tahapan pemilu yang dilaksanakan yaitu pantarlih dan verfak DPD, aturan mainnya sudah ada dan diatur oleh undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu, ada 2 lembaga yang telah dipercayakan Negara untuk melaksanakan Pemilu yaitu KPU dan Bawaslu," katanya.

Baktiar Mogaza juga menegaskan dukungannya terhadap Bawaslu Batu Bara dalam pengawasan tahapan pemilu yang sedang berlangsung.

"Sebagai Organisasi terbesar dan tertua di Indonesia kami siap bekerja sama dengan Bawaslu Batubara bahkan kita siap melakukan MOU yang disepakati kedua belah pihak," lanjutnya.

Ikut mendampingi Rois Syriyah PC.NU Batubara Kyai Tahan Siregar menyatakan mengingat pengorbanan dari tokoh terdahulu bukan hanya materi yang habis tapi ada pengorbanan lain yang harus dihormati oleh generasi penerusnya.
"Oleh karena itu harapan pemilu ke depan tetap menjaga demokrasi yang lebih baik lagi demi mempertahankan keutuhan Bangsa sesuai dengan lagu Mars NU," ucapnya.

Dalam kunjungan ini Bawaslu dan NU Batubara menyepakati untuk melaksanakan pertemuan tahap selanjutnya mewujudkan MOU yang sedang dikonsepkan.

  • Penulis : Manat Sitohang
  • Editor : Wianu
  • Foto : Kehumasan Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita