Lompat ke isi utama

Berita

Diskusi Daring Mengupas Tuntas Pemahaman Pedoman Pembentukan PKD Bawaslu Batu Bara

Persiapan Pemilihan Umum Tahun 2024 terus digencarkan, kali ini Bawaslu Kabupaten Batu Bara melakukan Rapat Koordinasi melalui media Daring atau Zoom Meeting, Jumat 20/01/23, sekira pukul 14.00 WIB di Kantor Bawaslu/Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Batu Bara masing-masing bersama seluruh Pimpinan Panwaslu Kecamatan dan Koordinator Sekretariat Se-Kabupaten Batu Bara.

Dalam arahannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara Bapak Ade Sutoyo, SP mengupas tuntas terkait pemahaman dalam perekrutan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Pemilu Tahun 2024 yang telah dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Batu Bara mulai tanggal 14 Januari 2023 s.d 19 Januari 2023 di seluruh kantor Panwaslu Kecamatan tersebut.

Ketua Bawaslu saat Zoom Meeting bersama Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Batu Bara

"bahwa banyak hal-hal yang harus dibahas terkait kendala yang dialami oleh Panwaslu Kecamatan yanh ada di wilayah Kabupaten Batu Bara", tegas Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara yang biasa disapa Ade itu.

Dalam arahannya yang lain, Ia (Ade Sutoyo/red) juga menjelaskan terkait tentang pemahaman 2 kali kebutuhan seperti yang tertera pada juknis pedoman perekrutan yang tertuang dalam Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 5/KP.01/K1/01/2023 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024.

Amatan media ini, Ade Sutoya juga memaparkan terkait tentang keterpenuhan keterwakilan Perempuan yang mendaftar di dalam suatu Desa yang sebanyak 30% juga harus menjadi syarat prioritas yang harus terpenuhi dalam skala satu Desa maupun satu Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Batu Bara.

"idealnya apabila ada 10 orang pendaftar dalam satu Desa/Kelurahan, maka pemahamannya yaitu 7 orang pendafrar itu adalah Laki-Laki dan 3 orang pendaftar itu adalah Perempuan", jelas Ade secara singkat.

Ketua Bawaslu saat Zoom Meeting bersama Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Batu Bara

Diketahui, dalam acara Daring ataupun Zoom Meeting tersebut, itu juga di ikuti oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Batu Bara yaitu Bapak Abdillah, S.Pd.I, dan Bapak Allen Sitohang, S.Si.,SH, bersama seluruh Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan beserta Koordinator Sekretariat Se-Kabupaten Batu Bara.

Selesai Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara menjelaskan, kemudia acra diselingi dengan tanya jawab dari masing-masing Kecamatan yang memiliki kendala pada saat perekrutan yang kemudian nantinya dapat dilakukan perpanjangan Pendaftaran. (RI)

  • Penulis : Hari Pramana
  • Editor : Wianu
  • Foto : Humas Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita