Lompat ke isi utama

Berita

GP Ansor Batubara Siap Dukung Bawaslu Batubara Tingkatkan Pengawasan Partisipatif

Bawaslu Batubara_Lima puluh- Dalam rangka menguatkan strategi pengawasan, Bawaslu Kabupaten Batubara melibatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung kerja-kerja pengawasan pada Tahapan Pemilu 2024 Dengan berbagai pihak Stakeholder di Batubara.

Pada Selasa (31/1/2023) Bawaslu Batubara melakukan audiensi dengan GP Ansor Batubara di Kantor PC NU Batubara, Limapuluh.

Allen Sitohang selaku Anggota Bawaslu Batubara didampingi beberapa Staf menyampaikan maksud dan tujuan Bawaslu Batubara bersilaturahmi dengan para pengurus GP Ansor.
" Bawaslu datang untuk mengajak elemen masyarakat ikut serta mengawal pesta demokrasi pada Pemilu 2024 nanti," Kata Allen.

Foto bersama Allen Sitohang, S.Si.,S.H dengan Ketua dan pengurus GP Ansor Batubara

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipatif Masyarakat dan Bumas (HP2H) Bawaslu Batubara ini menyatakan pada kegiatan ini tokoh masyarakat, Ormas, OKP dan Siswa-Siswi SMA sederajat se-Kabupaten Batubara diharapkan untuk turut andil dalam mengawasi proses penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kami menganggap partisipasi masyarakat sebagai bentuk keseriusan  Bawaslu mewujudkan alam yang sejuk dan damai dalam proses pengawasan, maka dari itu dengan melibatkan banyak orang, mencegah potensi pelanggaran akan semakin maksimal dan Bawaslu tidak pernah berhenti bekerja sama dengan semua pihak untuk terlibat dalam pengawasan Pemilu," lanjutnya.

Allen juga menambahkan terkait pemilih di Kabupaten Batubara.

Anggota Bawaslu Batubara Allen Sitohang, S.Si.,S.H Kordiv. Hukum Pencegahan Partisipatif Masyarakat dan Humas (HP2H)

"Berdasarkan surat KPU nomor 13/TIK.94-SD/14/2023 perihal data hasil sinkronisasi dalam negeri untuk pemilu 2024  dengan jumlah 316.924 Daftar pemilih tetap di Kabupaten Batubara yang harus diakomodasi dan diawasi keterlibatannya dalam pesta demokrasi ditahun 2024, meskipun penyelenggara pemilu baik KPU dan Bawaslu membentuk badan ad hoc sampai akar rumput tidaklah menjadi penghalang masyarakat untuk berpartisipasi mengawasi pemilu," sambungnya.

Ketua GP Ansor Batubara Burhan Saleh sangat mengapresiasi kedatangan Bawaslu Batubara untuk mengajak para warga NU dan pengurus GP Ansor Batubara agar ikut serta terlibat mengawal pesta demokrasi 2024 nantinya.

Ketua GP Ansor Batubara Burhan Saleh

"Pada prinsipnya GP Ansor yang merupakan organisasi dibawah naungan Nahdatul Ulama tetap berada digaris depan dalam menjaga keutuhan NKRI oleh karenanya kami siap mendukung dan bekerja sama membangun kemitraan dengan Bawaslu Batubara,dengan rasa hormat tanpa dikabari Bawaslu Batubara kami sudah siap ikut berperan andil dalam tahapan pesta demokrasi pemilu serentak 2024," tegasnya didampingi Ketua PC NU Batubara Baktiar Mogaza.

Baktiar Mogaza mengatakan bahwa GP Ansor tetap menjaga hubungan baik dengan Bawaslu Batubara dalam proses tahapan pengawasan pemilu serentak nantinya.
"Pada prinsipnya siapa yang menghalangi pesta demokrasi 2024 kami tetap ada mendukung Bawaslu sehingga suasana Pemilu yang kondusif terjadi di Batubara," ucapnya.

Ketua PC NU Batubara Baktiar Mogaza

Burhan juga menyatakan berharap Bawaslu memiliki call center ataupun aplikasi Smart yang dapat diakses masyarakat dalam hal pelaporan dan pengaduan sehingga masyarakat tidak membangun opini-opini yang menyesatkan akan hal kepemiluan nantinya dan mempercepat pelayanan publikasi Bawaslu Batubara dengan masyarakat". tutupnya.

  • Penulis : Manat Sitohang
  • Editor.   : Wianu
  • Foto      : Defi
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita