Lompat ke isi utama

Berita

Jelang DPSHP, Bawaslu Batu Bara Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan

Lima Puluh, Bawaslu Batu Bara- Dalam rangka mewujudkan kesamaan persepsi khususnya dalam tahapan Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), Bawaslu Kabupaten Batu Bara menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan DPSHP bersama Panwascam dan PKD se-Kabupaten Batu Bara melalui _Zoom Meeting_ pada hari Senin (08/05/2023).

Kegiatan ini dibuka oleh anggota Bawaslu Kabupaten Batu Bara, Allen Sitohang. Dalam sambutannya, ia menyampaikan agar Pengawas Pemilu siap dan cakap dalam mengemban tugas.
"Kita sebagai pengawas harus siap mengemban tugas kita dalam mengawasi tahapan Pemilu ini. Teman-teman juga bisa  berkonsultasi dan berkomunikasi dengan etika baik kepada PPK dan PPS dalam menciptakan data pemilih akurat, termuktahir dan berkualitas khususnya wilayah kabupaten Batu Bara. Kita sebagai pengawas dibutuhkan kecakapan dan kreativitas tinggi terhadap data pemilih yang kita terima dari jajaran KPU,  yang hanya menunjukkan nama," kata Allen.

Allen yang juga sebagai Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Batu Bara itu juga menegaskan agar Panwascam dan PKD bekerjasama dengan pihak kepala desa/lurah  setempat atau stakeholder terkait untuk memperoleh data yang lebih akurat.
"Dengan lahirnya UU Nomor 7 Tahun 2017, data pemilih harus tetap terjaga. Dicek dan dilihat siapa yg berhak masuk dan tidak berhak masuk. Data pemilih ini harus terakomodir. Bila perlu dikomunikasikan dengan pihak kepala desa/kelurahan. Begitu juga dengan pemilih di Lapas agar dikomunikasikan dengan Pihak Lapas, apakah  pemilih yang terdaftar masih berada di Lapas hingga hari pemungutan suara nanti atau tidak," tegas Allen.

Sebagai bentuk pencegahan pelanggaran Pemilu, Allen juga menambahkan agar Panwascam dan PKD memanfaatkan dunia media sosial dalam penyampaian informasi kepada masyarakat.
"Kita kembangkan di medsos kita masing-masing, mari kita cek data dan daftar pemilih secara online. Untuk menghindari adanya data ganda baik ganda internal maupun ganda eksternal. Selain itu, kita juga harus merumuskan dan memetakan peta kerawanan data dan daftar pemilih di wilayah kita masing-masing," ucap Allen.

Turut hadir dan mengikuti kegiatan rapat Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Batu Bara, Suryanti Lubis.

"Bapak/Ibu harus memastikan melakukan pengawasan dan menyampaikan laporan hasil pengawasan secara berjenjang dan juga menuangkannya dalam LHPP," pungkasnya.

Kegiatan rapat ini juga diikuti oleh Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Batu Bara.

  • Penulis : Lentina Sitohang
  • Editor : Wianu
  • Foto : Humas Bawaslu Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita