Lompat ke isi utama

Berita

Menjaga Warisan Budaya, PKD Datuk Limapuluh Kenakan Pakaian Adat Melayu Batu Bara Saat Pelantikan

Lima Puluh_Bawaslu Batu Bara- Ada yang unik dan menarik pada pelantikan PKD yang ada di Kabupaten Batu Bara. Sebagaimana diinformasikan bahwa pada Senin (6/2/2023) 12 Panwascam di Kabupaten Batu Bara telah melantik PKD.

Di Kecamatan Datuk Lima Puluh sebanyak 10 (sepuluh) orang PKD yang dilantik mengenakan pakaian Adat Melayu Batu Bara. Ketua Panwas Kecamatan Datuk Limapuluh Bayu Purnomo Ardi menyampaikan bahwa dikenakannya pakaian adat itu sebagai bentuk penghargaan kearifan lokal.
" PKD pada pelantikan kita mintakan agar memakai pakaian adat Melayu Batu Bara sebagai bentuk atau upaya untuk melestarikan keragaman atau keunikan budaya Melayu yang ada ditanah bertuah Kabupaten Batu Bara," Ujarnya didampingi Anggota Panwas Kecamatan Datuk Limapuluh Paulus Tambunan dan Irwan.

10 (Sepuluh) orang PKD dari Kecamatan Datuk Lima Puluh dilantik mengenakan pakaian Adat Melayu Batu Bara

Bayu juga menambahkan bahwa bukan cuma PKD yang diminta memakai pakaian adat, namun juga Panwascam.
" Sekretariat, Ketua dan Anggota Panwascam Datuk Lima Puluh juga memakai pakaian adat melayu Batu Bara yang membuktikan bahwa kita juga perlu melestarikan budaya," ungkapnya sesaat setelah selesai pelantikan.

Kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Batu Bara yang hadir pada pelantikan PKD tersebut mengapresiasi ide kreatif dari Panwascam Datuk Limapuluh.

Bayu Purnomo Ketua Panwascam Datuk Lima Puluh

"Di Kecamatan Datuk Lima Puluh ini saya melihat satu bentuk kekompakan kali ini dengan  memakai pakaian adat Melayu Batu Bara, ini adalah bentuk ciri khas tersendiri yang ditampilkan para PKD dan Panwascamnya", jelas Abdillah.

Lanjut Abdillah, bahwa dengan memakai pakaian adat Melayu Batu Bara, diharapkan kedepannya Panwascam Datuk Lima Puluh dan jajaran dibawahnya solid dan bekerjasama.
" Kompaknya Saudara semua memakai pakaian adat Melayu Batu Bara saat ini menjadi awal yang baik sehingga kedepan dalam melakukan tugas pengawasan juga diharapkan untuk kompak,  senantiasa mempertahankan atau menjaga warisan budaya Melayu ataupun ciri khas pakaian adat Melayu di tanah Batu Bara bertuah ini,  ujar Abdillah mengakhiri.

Anggota Bawaslu Batubara Abdillah, S.Pd.I memberikan pembekalan terhadap PKD Kec. Datuk Lima Puluh yang telah dilantik.

Di Kecamatan Datuk Limapuluh, pelantikan dilaksanakan di Cafe ACC Desa Empat Negeri, Kec. Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara. Hadir dalam pelantikan Kapolsek Lima Puluh yang diwakilkan oleh Ipda Aidil S, serta Danramil Lima Puluh yang diwakilkan oleh Serka Muliyadi, yang merupakan Babinsa Desa Empat Negeri

  • Penulis : Hari Pramana
  • Editor : Wianu
  • Foto : Humas Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Pengumuman