Lompat ke isi utama

Berita

Monitoring ke Laut Tador dan Sei Suka, Kordiv HP2H Bawaslu Batubara Ingatkan Jajaran Selalu Pengawasan Melekat.

Lima Puluh_Bawaslu Batu Bara-Berdasarkan PKPU No.10 Tahun 2022 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Tahapan Verifikasi faktual kesatu dimulai pada tanggal 06 s/d 26 Februari 2023 dan berdasarkan PKPU No.07 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih Tahapan Pencoklitan yang dilakukan oleh Pantarlih dimulai pada tanggal 12 Februari s/d 22 Maret 2023.

Koordinator Divisi HP2H Bawaslu Batubara Allen Sitohang melakukan monitoring di Kecamatan Laut Tador dan Kecamatan Sei Suka didampingi Staf pada Kamis (16/2/23).

kordiv HP2H Bawaslu Batubara Allen Sitohang melakukan monitoring di kecamatan Kec. Laut Tador.

Monitoring bertujuan memastikan para pengawas Kelurahan/Desa di kedua kecamatan menjalankan tugasnya sebagai pengawas dan berjalan lancar sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Allen Sitohang mengatakan pada tahapan ini perlunya penguatan pemahaman regulasi terhadap PKD yang memiliki tugas pengawasan yang kedua tahapan tersebut sedang berjalan, dan berbeda regulasi.
"Dengan adanya regulasi yang berbeda diharuskan sering membaca Regulasi agar Pengawasan berjalan lancar dan Aman terkendali," ungkapnya.

Allen juga menambahkan agar Pengawas selalu mengisi form A laporan hasil pengawasan Pemilu (LHPP) dan alat kerja yang sudah diberikan untuk disampaikan ke Bawaslu Kabupaten Batubara.

Kordiv HP2H Bawaslu Batubara Allen Sitohang melakukan monitoring Pencoklitan oleh Pantarlih.

Ketua Panwascam Laut Tador Suryono mengatakan ada 82 TPS dari keseluruhan 10 desa yang akan dilakukan pencoklitan oleh Pantarlih yang sedang akan diawasi 10 orang PKD.
"Berbeda halnya verfak DPD kesatu kecamatan Laut Tador para PKD akan mengawasi 25 sampel data pendukung dari 3 bakal calon DPD," katanya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kecamatan Sei Suka Rahmat Sinaga menjelaskan ada 119 TPS dari 10 Desa yang ada di Kecamatan Sei Suka akan melakukan pencoklitan yang diawasi oleh PKD Sei Suka.
"Terkait dengan verfak DPD kesatu kecamatan Sei suka memiliki sampel pendukung berjumlah 55 sampel dari 3 bakal calon DPD, lanjutnya."

Ditingkat Kabupaten Batubara berdasarkan dari data aplikasi SILON DPD Batubara data dukungan berjumlah 1638 sampel, Namun yang dapat terakses hanya bisa berjumlah 772 sampel dari 8 bakal calon DPD akan tetapi Data dukungan 16 calon lagi belum turun.

  • Penulis : Manat Sitohang
  • Editor : Wianu
  • Foto : Humas Bawaslu Batubara

Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita