Lompat ke isi utama

Berita

Optimalkan Peran Pemuda dalam Pemilu 2024, Bawaslu Batubara Audiensi ke KNPI Batubara

Limapuluh_Bawaslu Batubara-
Dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu Serentak 2024,  Bawaslu Batubara audiensi ke Kantor DPD KNPI Batubara di Limapuluh, Jumat (27/1/2023).

Ketua Bawaslu Batubara Ade Sutoyo yang hadir bersama Anggota Bawaslu Batubara Allen Sitohang didampingi Koordinator Sekretariat Suryanti Lubis dan beberapa staf disambut langsung oleh Ketua DPD KNPI Batubara Muhkrizal Arif dan beberapa pengurus lainnya.

Ketua Bawaslu Batubara Ade Sutoyo berserta Anggota Allen Sitohang bersama Ketua DPD KNPI Batubara Muhkrizal Arif

Ade Sutoyo menyatakan bahwa kehadiran Bawaslu Batubara mengunjungi DPD KNPI Batubara untuk bersilaturahmi dan mengajak DPD KNPI untuk turut dalam pangawasan Pemilihan di Batubara.

"Kami senantiasa mengajak para stakeholder yang ada di kabupaten Batubara untuk bersama-sama Bawaslu mengawasi pelaksanaan pemilihan melalui pengawasan partisipatif," ujar Ade yang juga Koordinator Divisi SDM Bawaslu Batubara ini.

Ade juga menambahkan bahwa perlu mengoptimalkan peran pemuda dalam pengawasan Pemilihan.

"Orientasi kegiatan ini ingin melibatkan KNPI yang merupakan organisasi para kaum muda untuk berpartisipasi melakukan pengawasan pada proses tahapan Pemilu 2024 sehingga pemilu berjalan aman,damai dan menghasilkan para pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat Batubara," sambungnya.

Allen Sitohang Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H) Bawaslu Batubara

Senada, Allen Sitohang yang merupakan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H) Bawaslu Batubara menambahkan bahwa perlu adanya komunikasi yang baik antara Bawaslu dengan DPD KNPI Batubara.
"Sebagai langkah konkret pengawasan partisipatif maka perlu kiranya Bawaslu dan KNPI Batubara merencanakan perjanjian kerja sama dalam bentuk MOU yang tujuannya menjalin hubungan komunikasi berkelanjutan dalam pengawasan Partisipatif," Ujarnya.

Ketua DPD KNPI Batubara  Mukhrizal Arief didamping Dewan Pertimbangan DPD KNPI Batubara Syaharudin Sitorus bersama Wakil Ketua OKK Hidayat mengatakan sangat berterima kasih atas kehadiran Bawaslu Batubara ke Kantor DPD KNPI Batubara.
"Kami pada prinsipnya menyambut baik program pengawasan partisipatif Bawaslu demi keberlangsungan Pemilihan yang aman di Batubara," tegasnya.

Arif juga menegaskan bahwa keterlibatan pemuda dalam pemilihan sangat diperlukan dan perlu dioptimalkan.
" KNPI merupakan induk organisasi kepemudaan yang menghasilkan kader-kader unggul untuk meningkatkan kemajuan Bangsa terkhusus kabupaten Batubara, oleh karena itu diperlukan sinergitas antara Bawaslu dan KNPI demi terciptanya pemilihan yang aman dan damai sesuai aturan di Batubara," tandasnya.

Ketua DPD KNPI Batubara Muhkrizal Arif

Bahwa pertemuan-pertemuan seperti ini direncanakan di 29 Ormas, OKP, Lapas, maupun Perguruan Tinggi dan SLTA.

Lanjut Arif, bahwa banyaknya isu miring yang beredar tentang dugaan penerimaan suap yang mengkait-kaitkan DPD KNPI Batu Bara sangatlah meresahkan, apalagi kalau sampai isu itu menimpah penyelenggara Pemilu seperti Bawaslu Batu Bara ataupun KPU Batu Bara saat ini, tutur Arif mengakhiri.

  • Penulis : Manat Sitohang
  • Foto      : Humas Batu Bara
  • Editor : Wianu

Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita