Lompat ke isi utama

Berita

Persiapan Rekapitulasi DPS, Bawaslu Batu Bara Konsolidasi Hasil Pengawasan

Limapuluh_Bawaslu Batu Bara-Jelang dilakukannya Rapat Pleno Penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kabupaten, Bawaslu Batu Bara menggelar rapat konsolidasi hasil pengawasan bersama Panwas Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara pada Rabu (5/4/2023) di Kantor Bawaslu Batu Bara, Sumber Padi, Limapuluh.

Anggota Bawaslu Batu Bara Allen Sitohang menyampaikan agar Panwaslu Kecamatan berkoordinasi dan menjalin kerjasama yang baik dengan PKD untuk mencapai hasil pengawasan daftar Pemilih yang maksimal.

Allen juga menyatakan bahwa rekapitulasi dan penyusunan daftar pemilih dilakukan secara berjenjang.
"Rekap DPS tingkat kecamatan telah dilakukan dan data itu akan direkap lagi di tingkat kabupaten  maka penting bagi kita untuk melakukan konsolidasi hasil pengawasan sebelum dilakukannya rekap tingkat Kabupaten," katanya dihadapan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Panwas Kecamatan yang menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Lebih lanjut, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Batu Bara ini meminta Panwas Kecamatan untuk menyampaikan hasil pengawasan pada saat rekapitulasi tingkat kecamatan.
"Dinamika yang terjadi di tingkat kecamatan perlu juga disampaikan, apakah pelaksanaan pleno rekapitulasi berjalan lancar atau ada kendala yang dialami. Dalam pengisian DIM yang dilaporkan kepada kami ada dua kecamatan terdapat catatan kritis. Maka dari itu Bapak/Ibu harus memiliki strategi pengawasan dalam sinkronisasi data daftar pemilih dengan PPK," katanya.

Anggota Bawaslu Batu Bara Abdillah menyatakan  bahwa Panwaslu Kecamatan diharapkan secara maksimal melihat kendala-kendala di lapangan, karena kevalidan data dan fakta pengawasan menjadi modal kita dalam menyampaikan hasil pengawasan ke KPU.
"Contohnya sudah maksimalkah pengawasan kita terhadap pendataan pensiunan TNI, Polri dan pemilih pemula?  Bapak/Ibu harus memastikan memiliki data yang valid berdasarkan fakta yang dialami, sehingga itu dapat kita sampaikan nanti pada rekapitulasi di Kabupaten," kata Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa dan Penanganan Pelanggaran ini.  

Kesempatan yang sama, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Batu Bara Suryanti Lubis yang juga turut hadir dalam rapat ini meminta Panwas Kecamatan untuk menyampaikan  pelaksanaan pengawasan.
"Apakah ada saran perbaikan yang disampaikan ke PPK, bagaimana dengan tindak lanjutnya? Hal ini penting disampaikan sehingga nanti pada saat pleno data nya sesuai dan valid," katanya.

Pada rapat ini juga dilakukan diskusi Daftar Inventarisasi Masalah dari kecamatan dan pengumpulan Berita Acara rekap tingkat kecamatan yang dipandu oleh Sekretariat Bawaslu Kabupaten Batu Bara.

  • Penulis : Lentina
  • Editor : Wianu
  • Foto : Humas Bawaslu Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita