Lompat ke isi utama

Berita

Rapat Evaluasi Kehumasan Pilkada 2024, Bawaslu Susun Strategi Media Yang Lebih Baik

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty

Jakarta, Bawaslu Batubara - "Humas yang baik adalah humas yang mendengarkan, bukan sekedar berbicara," pernyataan ini disampaikan Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty pada Minggu (30/06/2024).

Secara umum pengelolaan kehumasan Bawaslu sudah baik dan dipertanggungjawabkan secara publik. Engagement rate Bawaslu di media sosial berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan yaitu 0,70%. Angka ini melampaui kementrian dan lembaga lainnya. Ini adalah wujud dari humas yang mendengarkan dan menjawab pertanyaan publik.

Peserta Kegiatan Rakor Kehumasan

 

Selain itu berdasarkan hasil survei litbang Kompas persepsi positif publik kepada Bawaslu meningkat di angka 74%. Dua hal ini bukanlah asumsi internal Bawaslu saja tetapi berdasarkan potret eksternal ketika membidik kehumasan dan keterbukaan informasi Bawaslu. Ditengah engagament rate dan citra positif yang diperoleh, PR humas selanjutnya adalah mempertahankan bahkan meningkatkan pengelolaan kehumasan yang baik.

Salah satu tugas kehumasan bawaslu adalah memberikan informasi kepada masyarakat mengenai jenis pelanggaran dan tata cara pelaporan. Meskipun pelanggaran dibidangi oleh divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, jangan merasa jika ini bukan tugas humas yang tergabung sebagai divisi Pencegahan, Parmas dan Humas.

"Humas adalah kerja lintas divisi. Semua harus bekerja sama untuk membentuk wajah kehumasan Bawaslu," lanjut Loly.

Ferdinand Eskol Tiar Sirait, Deputi Bidang Administasi juga menjelaskan bahwa kegiatan evaluasi ini penting untuk penyusunan strategi kehumasan dan media massa yang lebih baik dalam penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2024. Ia kemudian menjelaskan strategi pengelolaan media massa harus mengikutsertakan pengelolaan manajemen krisis, meningkatkan kepercayaan publik, dan memberitakan kesiapan Bawaslu dalam menghadapi pemilihan.

 

Kordiv. HP2H Muksin Kalid bersama staf Kehumasan Bawaslu Kabupaten Batu Bara
Kordiv. HPPH beserta Staf Kehumasan Bawaslu Batubara
Kordiv. HP2H Muksin Kalid bersama staf Kehumasan Bawaslu Kabupaten Batu Bara.

Ditempat yang sama, Kordiv HP2H Bawaslu Kabupaten Batu Bara Muksin Kalid mengatakan “Rakor ini dilakukan untuk menambah khazanah kepada kami selaku pimpinan Kordiv Humas Bawaslu Kabupaten Batu Bara terhadap perbedaan antara Hubungan Antar Lembaga (Hubal) dengan Hubungan Masyarakat (Humas)”.

Dirinya juga menambahkan, “Rakornas evaluasi ini penting untuk diikuti sehingga kita dapat mengaplikasikan tentang terbedaan tersebut pada pekerjaan-pekerjaan pencegahan dan pengawasan pada tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 ini” Tambahnya.

Kegiatan Rapat Evaluasi Nasional Kehumasan Bawaslu Dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Persiapan Kehumasan Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 ini dilaksanakan di Hotel Golden Boutique Hotel Kemayoran, Jakarta. Minggu s.d Selasa 30 Juni s.d 3 Juli 2024.

  • Penulis : Wianu
  • Foto Dokumentasi : Humas Bawaslu Batubara, Bawaslu RI
  • Editor : Muksin Kalid, Wianu