Lompat ke isi utama

Berita

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 Di Kabupaten Batu Bara

thumnail

BATU BARA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batubara menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilihan serentak tahun 2024, kepada organisasi kepemudaan, PWI dan keagamaan acara diselenggarakan di Hotel Banyu Wangi Kecamatan Lima Puluh, Rabu (18/09/2024).

pic1
Anggota Bawaslu Kabupaten Batu Bara Kordiv. HPPH Muksin Kalid memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya bagi organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, serta keagamaan tentang pentingnya peran serta dalam mengawal proses pemilu yang bersih dan transparan.

Narsum1
Anggota KPU Kabupaten Batu Bara Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Abdillah S.Pd.I selaku narasumber menyampaikan materinya.

Sosialisasi dibuka oleh Kordiv HPPH Muksin Kalid, SE mengatakan , Bawaslu Batubara mengundang para stake holder elemen masyakat adalah untuk menjaga dan mengawasi jalannya proses demokrasi pada Pilkada serentak di Kabupaten Baru Bara, karena bahwasu tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari lembaga- lembaga masyarakat yang ada di Kabupaten Baru Bara.

Narsum2
Safrida R. Rasahan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara periode 2013-2023 menyampaikan materinya.

“Diharapkan dengan adanya lembaga-lembaga yang ada agar dapat mensosialisasikan proses tahapan yang sudah diatur menurut PKPU No 2 tahun 2024”, tutur Muksin.

Peserta
Sesi Tanya jawab oleh peserta kegiatan kepada narasumber.

Muksin juga menjelaskan bahwa sangat pentingnya kolaborasi antara Bawaslu, masyarakat, dan berbagai komunitas dalam memastikan pemilihan serentak tahun 2024 berjalan dengan baik. Beliau juga mengapresiasi kehadiran semua pihak yang menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga demokrasi.

Sosialisasi ini menampilkan beberapa narasumber yang ahli dan berkompeten dibidangnya. Yaitu seperti Abdillah, S.Pd.I yang merupakan Anggota KPU Kabupaten Batubara menyampaikan materi tentang pentingnya pengawasan dalam menjamin integritas pemilu, dan Safrida R Rasahan, SH., MH, yang merupakan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara Periode 2013-2018 dan 2018-2023.

fotbar1
Kegiatan diakhiri foto bersama jajaran Bawaslu Kabupaten Batu Bara bersama para narasumber dan organisasi kepemudaan, PWI dan keagamaan.
  • Penulis : Hari
  • Editor : Wianu
  • Pengarah dan Penanggungjawab : Muksin Kalid
  • Foto-foto : Humas Bawaslu Batu Bara