Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Kapasitas SDM Pengawas, Bawaslu Batu Bara Gelar Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu

Sei Balai_Bawaslu Batu Bara- Guna peningkatan dan pembinaan aparatur Pengawas Pemilu dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Batu Bara melaksanakan kegiatan internal bersama Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara di Singapore Land Kecamatan Sei Balai pada hari Jumat (9/3/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara Ade Sutoyo menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemilu sedang berlangsung dan jajaran pengawas juga sedang melakukan pengawasan.
"Sejak Juni 2022 telah dimulai tahapan pemilihan dan saat ini sedang berlangsung pencalonan perseorangan anggota DPD dan Pencocokan Penelitian dalam pemuktahiran daftar pemilih," kata Sutoyo.

Ade Sutoyo (kanan) Koordinator Divisi OSDM Bawaslu Batu Bara

Koordinator Divisi OSDM Bawaslu Batu Bara ini menjelaskan terkait pengawasan pemuktahiran daftar pemilih.
"Tahapan pemutakhiran data pemilih agak krusial karena akan ada orientasi nya ke logistik, penduduk pemilih, biasanya rentang masalahnya disini. Maka kita harus lebih fokus pengawasan coklit ini di awal. Data pemilih ini memang tidak menarik di awal, tetapi berpotensi kerawanan di akhir. Kami berharap agar kawan - kawan memperdayakan PKD dalam melakukan pengawasan coklit," kata Sutoyo.

Lebih lanjut Sutoyo juga menegaskan agar Panwaslu Kecamatan menyampaikan himbauan - himbauan kepada penyelenggara apabila ada persoalan.
"Saya harap pengawas pemilu dapat berkoordinasi dan berkomunikasi yang baik, membangun hubungan baik dengan PPK, PPS dan Pantarlih. Sampaikan saja himbauan-himbauan kalau ada persoalan di lapangan. Karena salah satu asas penyelenggara pemilu ada profesional," tegas Sutoyo.

KorDiv. Hukum, Pencegahan, Partisipasi masyarakat, dan Humas Bawaslu Batu Bara Allen Sitohang, S.Si.,S.H.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Batu Bara Allen Sitohang meminta Panwaslu Kecamatan agar tetap menjaga hak pilih warga Kabupaten Batu Bara.
"Pengawas pemilu harus menjaga hak pilih seperti mars Bawaslu. Dan pada perekrutan PTPS nanti harus bisa membuat pasukan di bawah yang mendukung pekerjaan Bapak/Ibu untuk tingkat TPS. Banyak PTPS pada  pemilu sebelumnya belum begitu paham menggunakan HP atau seluler, sementara pekerjaan dan pelaporan hasil pengawasan kita sudah menjajaki era digital. Hal ini bisa menjadi salah satu poin Bapak/Ibu dalam merekrut PTPS nantinya," kata Allen.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Batu Bara Suryanti Lubis.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Batu Bara Suryanti Lubis yang juga mendampingi kegiatan tersebut mengatakan sebagai fasilitator siap mendukung dan memfasilitasi pengawas pemilu dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu.
"Sekretariat bertugas memastikan Bapak/Ibu melakukan pengawasan dengan baik dengan dukungan fasilitasi sesuai aturan," katanya.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan evaluasi terhadap pengawasan pembentukan pengawas adhoc dan PKD, serta penyerahan laporan pembentukan PKD yang sudah selesai dilaksanakan kepada Bawaslu Batu Bara.

  • Penulis : Lentina
  • Editor : Wianu
  • Foto : Humas Bawaslu Batubara
Tag
Bawaslu Batu Bara
Berita